Langkah Pertolongan Pada Kecelakaan Motor

Kecelakaan Motor Kejadian kecelakaan sepeda motor kerap berlangsung di jalan raya. Beberapa korban jiwa yang sebaiknya bisa dihindari kalau diberi kontribusi kritis di tempat peristiwa secepat-cepatnya. Dengan mengenal teknik bantuan pertama, Anda bisa menolong korban pada tempat.

Menjadi orang pemula, Anda barangkali tidak jelas bagaimanakah cara memberinya bantuan terhadap korban kecelakaan. Akan tetapi Anda dapat pelajarinya. Jadi, kapan waktu Anda memandang kejadian kecelakaan atau ada orang paling dekat yang mendapatinya, Anda siap memberinya bantuan itu.

Bantuan Pertama di Kecelakaan Sepeda Motor – Alodokter

Soal pertama yang sebaiknya dikerjakan merupakan terus mempersiapkan fitur P3K di bagasi atau di jok kendaraan Anda. Yakinkan didalamnya ada perban, plester, sarung tangan sekali gunakan, tisu pencuci bebas alkohol, gunting, pinset, cream antiseptik, obat penurun ngilu, obat batuk, tablet antihistamin, cairan pembasuh cedera serta kantong plastik bersih. Kemudian, Anda harus mengerti apa yang dihadapi seorang yang merasakan kecelakaan.

Terlebih di dalam masalah ini merupakan korban kecelakaan sepeda motor, ada peluang dapat merasakan berbagai hal, seperti pendarahan, cedera bakar, patah tulang, terguncang, keseleo, atau tidak sadarkan diri. Di bawah ini beberapa cara menanganinya.

Kalau korban merasakan pendarahan

Soal yang kerap berlangsung waktu kecelakaan merupakan pendarahan. Kalau Anda memandang ada bagian badan korban yang berdarah, jika terlebih pendarahannya kritis, usahakan untuk selekasnya menyudahi pendarahan itu supaya korban tidak kekurangan darah.
Sebelumnya menanggulangi kulit yang berdarah, pakai sarung tangan sekali gunakan, kalau ada, manfaat meminimalisir penyebaran penyakit infeksi.

Anda dapat menghentikannya secara menghimpit ruang yang terluka. Pakai kapas atau perban kalau ada. Setelah itu pencet cedera sampai pendarahan stop. Kalau darah masih tembus melewat perban, lapisi kembali dengan kapas atau perban serta pencet sampai pendarahan stop. Jangan buka perban awalnya, cukup diperiksa secara periodik untuk periksa apa darah telah stop memancur.

Kadang ada benda yang terbenam di ruang yang terluka. Kalau hadapi kejadian yang sesuai ini, jangan sampai coba keluarkan atau menghimpitnya, namun berikan hal tersebut terhadap klub klinik. Menjadi bantuan pertama, Anda dapat menghimpit segi kiri serta kanan ruang yang tersisip benda, lalu taruh kasa atau kain bersih mengelilingi cedera itu menjadi penahan supaya benda yang terbenam tidak bergerak. Kemudian bungkus dengan perban.
Kalau ada anggota tubuh yang terputus, seperti jemari, buntel jemari itu dengan kantong plastik atau plastik pembungkus (plastic wrap). Kemudian, yakinkan supaya anggota tubuh yang terputus barusan turut dibawa bersama korban ke rumah sakit.
Terus mencari kontribusi klinik untuk korban yang merasakan pendarahan, terkecuali pendarahan kecil.
Kalau korban merasakan cedera bakar
Cedera bakar yang dihadapi korban kecelakaan sepeda motor, bisa dikarenakan kulit bersenggolan dengan knalpot yang panas. Untuk menyelesaikan cedera bakar, Anda harus selekasnya mendinginkan cedera bersama air dingin yang mengucur, akan tetapi bukan air es, waktu 20 menit atau sampai terasa sakit raib. Kalau air dingin tidak ada, Anda dapat pakai minuman dingin lain. Jangan memulaskan cream, salep, atau minyak di cedera itu. Perbuatan ini seharusnya dikerjakan selekasnya sesudah peristiwa atau dalam kurun waktu 20 menit sesudah peristiwa.
Seterusnya, Anda dapat membuntel dengan kendur cedera bakar dengan plastic wrap, atau plastik yang bersih serta tembus pandang untuk cedera bakar pada tangan.
Saat lagi proses pendinginan dikerjakan, Anda dapat menghangatkan badan korban dengan jaket atau apapun yang dapat menghambat korban dari kedinginan atau hipotermia. Namun, jauhi wilayah yang terserang cedera bakar. Sesudah melaksanakan bantuan pertama ini, Anda dapat bawa korban ke rumah sakit paling dekat untuk mendapatkan pengurusan selanjutnya.
Kalau korban merasakan keseleo
Seorang dapat merasakan keseleo di saat serat-serat ligamen sobek. Meskipun sebenarnya, kegunaan ligamen pada tubuh penting, ialah menjadi pita lentur yang menyambungkan tulang-tulang serta untuk menghentikan sejumlah sendi supaya masih ada di tempatnya.
Korban kecelakaan sepeda motor kemungkinan merasakan keseleo, contoh di sisi pergelangan kakinya. Kebanyakan, bagian badan yang keseleo dapat berasa sakit serta merasakan pembesaran.
error: Content is protected !!